Samakan Persepsi, Lamongan Fokuskan Good Governance dan Digitalisasi Layanan Publik

Berita 27 April 2022

Samakan Persepsi, Lamongan Fokuskan Good Governance dan Digitalisasi Layanan Publik


Lamongan fokuskan pembangunan pemerintahan yang baik (good governance) dan digitalisasi layanan publik karena pemerintah mempunyai kewajiban melayani masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dasar dengan menghadirkan pelayanan publik yang berkualitas, hal tersebut disampaikan oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat membuka acara bimbingan dan evaluasi kepatuhan standar pelayanan oleh Ombudsman Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Rabu (27/4) di ruang Airlangga Pemkab Lt.3.

"Memberikan layanan berkualitas kepada masyarakat merupakan perwujudan aktifitas kita. Tugas utama pemerintah itu ada 3 yakni melaksanakan pembangunan, memberdayakan masyarakat, dan memberikan layanan publik," tutur Pak Yes.

Pak Yes mengungkapkan bahwasanya pelayanan kepada masyarakat merupakan etalase tata kelola pemerintahan, maka dari itu para staf yang bertanggung jawab diutus membangun ekosistem di dalamnya agar melahirkan pelayanan yang kreatif, efektif, dan adaptif.

Berkaca dengan penghargaan yang telah diterima Lamongan dari Ombudsman 2021 sebagai kabupaten layanan prima meskipun ditengah pandemi mampu mencapai angka 83,13 atau masuk dalam kategori zona hijau, Pak Yes berpesan agar capaian tersebut dijadikan sebagai motivasi dan tanggung jawab agar terus berprogres.

"Capaian ini sebagai motivasi dan tanggung jawab agar kita selalu menaikkan layanan kita untuk berangsur-angsur naik. Saya berpesan kepada OPD untuk menyamakan persepsi serta menindak lanjuti evaluasi layanan publik yang telah diberikan," pesan Pak Yes.

Pak Yes memberikan catatan untuk peningkatan kualitas layanan yang ada di Lamongan, karena standar penilaian pelayanan oleh Ombudsman akan mengalami perubahan kategori setiap tahunnya. Hal itu harus dijadikan antisipasi agar semua instansi kompak merias pelayanan yang dimiliki untuk masyarakat.

"Ada dua catatan yang harus diketahui, besok bukan lagi survey tapi penilaian sederajat dengan LAHP dari BPK. Saya kira tadi sudah ditunjukkan bagaimana standar yang harus disiapkan

unuk penilaian pelayanan. Yang kedua kita harus punya cita-cita untuk bisa menaikkan prestasi kita ke tingkat 5 besar nasional," terang Pak Yes.

Pelayanan berkualitas telah ditetapkan dalam 6 indikator mencakup kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, fasilitas sarana dan prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi.

Hadir sebagai pendamping bimbingan dan evaluasi kepatuhan standar pelayanan oleh Ombudsman Perwakilan Provinsi Jawa Timur Perwakilan Ombudsman Kepala Ombudsman Jawa Timur Agus Muttaqin memberikan pesan kepada Lamongan agar tetap mempertahankan prestasinya.

"Sebagai kabupaten zona hijau dengan kategori layanan prima, Lamongan harus mempertahankan pelayanan dan kalau bisa melengkapi kekurangan kekurangan agar dijadikan perhatian tindak lanjut evaluasi," pesan Agus.

Posting Lainnya
Kabupaten Lamongan Mulai Laksanakan Program Pemeriksaan Kesehatan Gratis
03 Februari 2025
Pemerintah Kabupaten Lamongan sudah memulai melaksanakan salah satu program quick win dari Presiden Republik Indonesia Prabowo Subianto, yakni Pemeriksaan Kesehatan Gratis (PKG).Dituturkan oleh Kepala Dinas [......]
Bupati Yes Ajak PPDI Sukseskan Pembangunan Desa Dan Wujudkan Swasembada Pangan
30 Januari 2025
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi hadir menyaksikan pelantikan Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Lamongan periode 2025-2030 oleh Ketua DPW PPDI Jawa Timur [......]
Pemkab Lamongan Salurkan Bantuan Untuk Wilayah Terdampak Luapan Bengawan Solo
24 Januari 2025
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi salurkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak luapan Bengawan Solo, Kamis (23/1/2025) di tanggul Keluarahan Babat RT 3 RW 2 pagi ini.Bantuan [......]
Pemkab Lamongan Siapkan Arah Kebijakan Pembangunan Tahun 2026
23 Januari 2025
Pemerintah Kabupaten Lamongan menyiapkan arah kebijakan pembangunan daerah melalui Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Lamongan tahun 2026, di Aula Gajah Mada, Lantai 7 Pemkab [......]
Pemkab Lamongan Bersama Fornasmala Bersinergi Membangun Desa
22 Januari 2025
Pemerintah Kabupaten Lamongan gandeng forum nasional mahasiswa Lamongan (Fornasmala) untuk membangun desa. Hal tersebut dituturkan oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat membuka kegiatan simposium Fornasmala, [......]
Dukung Swasembada Pangan, Pemkab Lamongan Targetkan 56 Hektar Lahan Jagung
21 Januari 2025
 Pemerintah Kabupaten Lamongan mentargetkan 56 hektar lahan untuk tanam jagung sebagai bentuk dukungan swasembada pangan program asta cita Presiden Prabowo ditahun 2025. Hal ini disampaikan [......]
Pohon Keben dan Lempeni Lengkapi Penghijauan Kagama
17 Januari 2025
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi melakukan penanaman pohon kembali di Kawasan Lapangan Gajah Mada (Kagama) pada Kamis (16/1/2025) Sore.Jenis pohon yang melengkapi penghijauan tersebut yakni pohon [......]
Destinasi Wisata Pantura Mendominasi Angka Kunjungan Wisatawan Tahun 2024
16 Januari 2025
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Lamongan menyebutkan bahwa, destinasi wisata yang ada di wilayah pantura mendominasi angka kunjungan wisatawan tahun 2024. "Dari akumulasi data kunjungan [......]
Bupati Yes Optimis Kasus PMK di Lamongan Bisa Disembuhkan
15 Januari 2025
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi optimis kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Lamongan bisa disembuhkan. Hal tersebut diungkapkan saat melakukan vaksinasi PMK di kandang [......]
Bupati Lamongan Bersama 63 Perusahaan Raih Penghargaan K3
13 Januari 2025
Bupati Lamongan Yuhronur  Efendi bersama 63 perusahaan di Lamongan mendapatkan penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) (penilaian tahun 2024), pada kegiatan apel bulan keselamatan dan [......]
Pencarian
LAPOR!

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN LAMONGAN

  • Jl. Basuki Rahmad No. 1, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan 62214
  • diskominfo@lamongankab.go.id
  • (0322) 321168
  • +628113021708
© 2025 Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lamongan