Sirkel Raih Penghargaan Top 5 Inovasi Publik of The Year 2022

Berita 01 September 2022

Sirkel Raih Penghargaan Top 5 Inovasi Publik of The Year 2022

SIRKELplus sebagai sistem informasi respon keluhan jalan dan jembatan yang diluncurkan oleh Dinas PU Bina Marga Kab. Lamongan guna menampung keluhan masyarakat terhadap permasalahan kondisi infrastruktur jalan dan jembatan, kemarin Selasa (30/8), telah peroleh penghargaan Top 5 Inovasi Publik of The Year 2022, kategori Public Services Of The Year Jawa Timur Tahun 2022, di Vasa Hotel Surabaya.

Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Lamongan Sujarwo mengungkapkan, banyaknya keluhan dari masyarakat terkait infrastruktur di media sosial, sedangkan keluhan tersebut belum tersampaikan dengan baik, hal ini yang mendasari PU Bina Marga meluncurkan aplikasi SIRKELplus. melalui 

"Karena kami melihat jalan-jalan di Lamongan yang belum baik dan kondisi jembatan yang rusak dan perlu perbaikan, ini Masyarakat mengadunya di tempat yang kurang tepat, karena mereka mengadunya di media sosialnya masing-masing sedangkan itu menjadi kurang tepat, karena belum tentu kita tau dari keluhannya tersebut dan informasinya kadang juga belum jelas dimana titik tempatnya dan lain-lain," tutur Sujarwo

Aplikasi akun sirkelplus.lamongankab.go.id atau whatsapp +6282142565600 yang dapat diakses 24 jam ini, menurut Sujarwo menggunakan inovasi jangka waktu 3×24 jam, keluhan tersebut di proses. Dengan melakukan pemastian titik lokasi terlebih dahulu, apakah wilayah tersebut milik PU Bina Marga dalam hal ini jalan poros Kabupaten, atau milik Provinsi maupun Desa. 

"Kita pastikan titik aduannya, kalau itu milik PU Bina Marga, Kita lakukan pengecekan turun lapangan, dari situ kita lihat tindakan apa yang perlu kita lakukan, kalau misal itu hanya perlu kita tambal ulang jadi sehari ya selesai, kalau butuh material yang banyak dan pekerja yang banyak ya mungkin lebih butuh waktu yang lebih banyak lagi," ujar Sujarwo

Lebih lanjut, kata Sujarwo, selain adanya interval jangka waktu 3×24 jam dari respon keluhan, yang menjadi nilai plus SIRKELplus adalah hasil dari respon masyarakat yang tampil di aplikasi sirkelplus.lamongankab.go.id. 

"Selain adanya jangka waktu penanganannya itu juga diaplikasikan dapat diketahui mana saja keluhan-keluhan yang sudah tertangani dan yang belum, jadi masyarakat yang telah melakukan pengaduan bisa melihat keluhanya sudah tertangani atau belum di aplikasinya, kalau sudah akan berwarna hijau dan kalau belum akan bewarna merah," jelas Sujarwo 

Atas perolehan penghargaan tersebut, menurut Sujarwo hal ini akan menjadi motivasi serta semangat bagi PU Bina Marga untuk lebih baik lagi merespon keluhan-keluhan dari masyarakat.

Posting Lainnya
Pohon Keben dan Lempeni Lengkapi Penghijauan Kagama
17 Januari 2025
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi melakukan penanaman pohon kembali di Kawasan Lapangan Gajah Mada (Kagama) pada Kamis (16/1/2025) Sore.Jenis pohon yang melengkapi penghijauan tersebut yakni pohon [......]
Destinasi Wisata Pantura Mendominasi Angka Kunjungan Wisatawan Tahun 2024
16 Januari 2025
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Lamongan menyebutkan bahwa, destinasi wisata yang ada di wilayah pantura mendominasi angka kunjungan wisatawan tahun 2024. "Dari akumulasi data kunjungan [......]
Bupati Yes Optimis Kasus PMK di Lamongan Bisa Disembuhkan
15 Januari 2025
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi optimis kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Lamongan bisa disembuhkan. Hal tersebut diungkapkan saat melakukan vaksinasi PMK di kandang [......]
Bupati Lamongan Bersama 63 Perusahaan Raih Penghargaan K3
13 Januari 2025
Bupati Lamongan Yuhronur  Efendi bersama 63 perusahaan di Lamongan mendapatkan penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) (penilaian tahun 2024), pada kegiatan apel bulan keselamatan dan [......]
IWAPI Pendorong Ekonomi Keluarga
13 Januari 2025
Ketua DPC Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Anis Kartika Yuhronur Efendi menyebut anggota IWAPI merupakan sosok-sosok wanita pengusaha berdaya sebagai pendorong ekonomi keluarga. Hal tersebut diutarakan [......]
Pemkab Lamongan Tutup Pasar Hewan Hingga Vaksinasi Mandiri Untuk Tekan Kasus PMK
10 Januari 2025
Pemerintah Kabupaten Lamongan melakukan biosecurity berupa penutupan sementara pasar hewan (Tikung dan Babat) dan disinfektan, vaksinasi mandiri, dan himbauan kewaspadaan untuk menekan penyebaran kasus Penyakit [......]
Mitigasi Banjir Perkotaan, Pemkab Lamongan Keruk Sedimen Drainase
09 Januari 2025
Pemerintah Kabupaten Lamomgan melanjutkan pengerukan dan pembersihan sedimen drainase disejumlah titik perkotaan sebagai mitigasi banjir perkotaan.“Kita harus mengantisipasi agar banjir diperkotaan ini tidak terjadi. Caranya [......]
Pemkab Lamongan Siap Berkontribusi Wujudkan Swasembada Pangan 2025
08 Januari 2025
Pemerintah Kabupaten Lamongan siap berkontribusi dalam rangka mewujudkan swasembada pangan tahun 2025, seperti yang telah ditargetkan oleh Presiden Republik Indonesia Prabowo Subianto.Hal tersebut dituturkan oleh [......]
Sekda Nalikan Ajak Mahasiswa BBK Kembangkan Potensi Desa
07 Januari 2025
Pemerintah Kabupaten Lamongan mengajak 360 mahsiswa Universitas Airlangga (Unair) yang akan melaksanakan belajar bersama komunitas (BBK) 5 di Kecamatan Ngimbang dan Kecamatan Modo untuk mengembangkan [......]
Awal 2025 Harga Bahan Pokok di Lamongan Stabil
07 Januari 2025
Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Lamongan nyatakan harga bahan pokok pada awal tahun 2025 stabil dan terkendali.Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lamongan Anang [......]
Pencarian
LAPOR!

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN LAMONGAN

  • Jl. Basuki Rahmad No. 1, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan 62214
  • diskominfo@lamongankab.go.id
  • (0322) 321168
  • +628113021708
© 2025 Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lamongan