Pelayanan Lamongan Mendapat Apresiasi Menpan RB sebagai Pelayanan Prima

Berita 20 Desember 2022

Pelayanan Lamongan Mendapat Apresiasi Menpan RB sebagai Pelayanan Prima



Komitmen Pemerintah Kabupaten Lamongan dalam menghadirkan layanan perizinan berkualitas dan mudah melalui penyederhanaan sistem perizinan secara online kepada masyarakat, Pemkab Lamongan melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Lamongan kembali menorehkan prestasi sebagai Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima Lingkungan DPM-PTSP Kabupaten/kota di Tahun 2022 dengan kategori A yang diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Penghargaan yang diserahkan secara langsung oleh Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB Diah Natalisa kepada Kepala Dinas PM-PTSP Kabupaten Lamongan Pujo Broto iriawan Putra, Selasa, (20/12), di Ruang Pertemuan Kementerian PAN-RB, menjadi penghargaan kedua kalinya secara berturut-turut yang diperoleh MPP Lamongan sebagai instansi yang menaungi ragam pelayanan di Lamongan.

"Alhamdulillah di tahun 2022 kita kembali memperoleh predikat prima kategori A. Yang tentu ini berkat kerjasama bersama mampu meningkatkan kualitas pelayanan perizinan, penyederhanaan sistem perizinan secara online yang diimbangi dengan pendampingan kepada pemohon yang kesulitan saat memproses secara online," tutur Pujo 

Sebagai bentuk inovasi digitalisasi pelayanan publik, MPP juga telah menghadirkan aplikasi SIPOMA yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja melalui gadget masyarakat Lamongan. Hal tersebut bertujuan guna memaksimalkan pelayanan dan memudahkan akses layanan bagi masyarakat.

Selain itu, menjadi salah satu indikator penilaian melalui standar pelayanan dan profesionalisme SDM. Dinas PTSP Lamongan membangun mekanisme unit kerja yang baik sebagai peningkatan kualitas SDM serta meningkatkan motivasi kerja pelaksana pelayanan.

"Pegawai yang melayani sudah melalui penjaringan, mereka telah dibimbing melalui keikutsertaan dalam diklat, bimbingan teknis, kursus, serta akan diberikan piagam penghargaan bagi pegawai sebagai memotivasi kinerja pegawai, dan kita juga tidak segan-segan memberikan sanksi dan kompensasi bagi petugas layanan yang tidak sesuai standar pelayanan maupun tidak mentaati standar pelayanan, jadi bisa dikatakan pelayanannyan sudah teruji," imbuhnya

Tak hanya itu, Kata Pujo, bagi masyarakat yang ingin melakukan konsultasi maupun pengaduan terkait perizinan dapat mengajukan secara langsung di MPP maupun melalui media pengaduan yang telah disediakan. "Kami juga menyediakan sarana konsultasi dan pengaduan yang bisa dimanfaatkan semua lapisan masyarakat yang ingin datang langsung secara tatap muka maupun melalui media digital yang kami sediakan seperti SP4N-LAPOR, ruang khusus yang terpisah dengan front office, email, whatsapp, media sosial (IG, facebook) hingga website," pungkasnya

Posting Lainnya
Pemkab Lamongan Masifkan Pensertifikatan Tanah Wakaf Gratis
21 Maret 2025
Pemerintah Kabupaten Lamongan memasifkan pensertifikatan tanah wakaf gratis melalui program GEMA TAWAF (Gerakan Bersama Pendafataran Tanah Wakaf). “Kita akan masifkan di Lamongan, karena masih banyak tanah [......]
Bupati Yes Sampaikan LKPJ Akhir Tahun Anggaran 2024
21 Maret 2025
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi sampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) akhir tahun Anggaran 2024 Kabupaten Lamongan, Kamis (20/3) di ruang rapat paripurna Kantor DPRD Kabupaten Lamongan.Penyampaian [......]
Bupati Yes Gelar Buka Bersama Dengan Penyandang Disabilitas Lamongan
21 Maret 2025
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi melaksanakan buka puasa bersama dengan 356 penyandang disabilitas Lamongan, Kamis (20/3) di Pendopo Lokatantra."Alhamdulillah pada momen ramadan kita bisa manfaatkan untuk [......]
Tentukan Prioritas Pembangunan, Pemkab Lamongan Gelar Musrenbang
21 Maret 2025
Pemerintah Kabupaten Lamongan gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) 2026 dan forum konsultasi publik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun [......]
Nuzulul Quran Refleksi Perbaikan Diri
18 Maret 2025
 Peringatan turunnya wahyu pertama Allah kepada Nabi Muhammad yang dikenal dengan Nuzulul Quran menjadi momen untuk refleksi dan memperbaiki diri. “Nuzulul Quran merupakan peringatan yang baik [......]
Stadion Surajaya Diresmikan Presiden Prabowo
18 Maret 2025
Stadion Surajaya Lamongan diresmikan Presiden Prabowo Subianto bersama tujuh belas stadion di Indonesia lainnya secara serentak, Senin (17/3/2025) terpusat di Stadion Gelora Delta Sidoarjo sore [......]
Fashion Parade Season III Wadah Ekspos Ekraf Lamongan
17 Maret 2025
Kembali digelar, fashion parade season III menjadi wadah mengekspos dan menguatkan ekonomi kreatif Lamongan.Menurut Bupati Lamongan Yuhronur Efendi yang hadir pada fashion parade season III, [......]
Pak Yes Berangkatkan Ratusan Pesepeda Jelajah Kota
16 Maret 2025
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi memberangkatkan 456 pesepeda untuk gowes NR Padang Bulan Ramadan jelajah Lamongan kota, di Depan Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan, Sabtu (15/3/2025).Melihat semangat [......]
Festival RaMe Dukung Pelaku UMKM Lamongan
15 Maret 2025
Pemerintah Kabupaten Lamongan dukung pelaku UMKM Lamongan melalui festival Ramandhan Meriah 1446 Hijriyah. Festival yang digelar sampai sembilan hari kedepan ini dibuka langsung oleh Bupati [......]
Pak Yes Ajak Takmir Sertifikatkan Tanah Wakaf
12 Maret 2025
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengajak takmir masjid dan mushola mensertifikatkan tanah wakaf melalui program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) untuk memberikan jaminan legalitas. Ajakan tersebut [......]
Pencarian
LAPOR!

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN LAMONGAN

  • Jl. Basuki Rahmad No. 1, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan 62214
  • diskominfo@lamongankab.go.id
  • (0322) 321168
  • +628113021708
© 2025 Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lamongan